Kamis, 12 Desember 2013

Hadits Arba'in Nawawi ke-13 : Kaitannya dengan Konseling

Hadits Arba'in Nawawi ke 13
عَنْ أَبِي حَمْزَةَ أَنَسْ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، خَادِمُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِه
[رواه البخاري ومسلم]
Kata Kunci Makna / Implikasi dalam Konseling
لَايُؤْمِنُ .1

Artinya adalah “tidak sempurna imannya”. Kaitannya dalam konseling ialah
peran seorang konselor itu sendiri. Ia tidak akan disebut konselor yang hakiki dan professional apabila tidak memenuhi kriteria dalam hadits nabi yang intisarinya terletak pada 2 keyword dibawah ini :
a. Mempunyai اَلْحُبُّ yaitu rasa cinta dan kasih sayang
b. Menggunakan prinsip أَخٌ yaitu sikap seorang sahabat atau kekeluargaan.

اَلْحُبُّ .2

Artinya adalah “Cinta”. Verbanyaيُحِبُّ yang artinya “mencintai”. Kaitannya dalam proses konseling adalah bagaimana kita mencintai klien kita sebagaimana kita mencintai diri kita sendiri dalam artian tanpa memandang status, perbedaan, kekurangan atau kelebihan klien. Ada beberapa poin yang dapat di ambil dari hadits (keyword) tersebut yakni :
  1. Tidak pandang bulu terhadap pasien/klien yang sedang kita tangani. Seyogyanya seorang konselor harus melayani dan memberikan pelayanan yang baik kepada semua kliennya, apalagi seiman dan seagama. Baik kasus yang berat, sedang, maupun yang ringan.
  2. Melayani kebaikan klien bagaikan melayani kebaikan diri sendiri dengan totalitas.


أَخٌ .2

Artinya adalah “Saudara”. Kaitannya dalam konseling adalah; seorang konselor harus menganggap semua klien yang ia tangani sebagai seorang saudara atau sahabat karib, serta bersikap bagaikan sahabat karib pula. Positifnya adalah akan ada keterbukaan diantara konselor dan klien sehingga dapat melancarkan proses konseling, klien akan menceritakan masalahnya seakan-akan ia sedang curhat kepada sodara atau orang tuanya sendiri. Dengan demikian, sudah jelas proses konseling akan lebih mudah dan masalah pun akan segera terselesaikan, insyaallah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar